Jenis - Jenis Iklan

Kalian tau ngga, kalau iklan itu dapat diklasifikasikan jadi beberapa jenis? 

Kadang kalian suka lihat kan iklan yang menampilkan artis sebagai bintang (talent) nya, atau iklan yang berupa tata cara pemakaian si produk. Jadi, bagaimana sih pengelompokan iklan? Yuk bahas!


1.  Spoke Person (Talking Head)

Iklan diberikan melalui orang – orang yang memiliki kredibilitas tinggi. Tipe spokesperson ada 4 yaitu : the expert, the celebrity, the chief excecutive officer dan the consumer



Iklan Garnier memakai artis Laudya Cynthia Bella sebagai speakspersonnya karena dia salah satu artis yang dikenal masyarakat Indonesia karena cantik. Sehingga orang yang melihat iklan Garnier akan terpresuasi (terpengaruh).

2. Analogi 


Analogi adalah proses membandingkan 2 hal yang berbeda dengan melihat persamaannya sehingga dapat digunakan untuk memperjelas suatu konsep.
  



Pada iklan pasta gigi Formula pada billboard, diperlihatkan seseorang seakan menarikpapan billboardnya dengan gigi. Sehingga orang yang melihat mendapat kesimpulan pasta gigi formula membuat gigi menjadi kuat.

3. Demonstration


Gaya demonstrasi dirancang untuk mengilustrasikan keunggulan produk dengan menyampaikan tata cara penggunaan produk atau cara kerja produk untuk meyakinkan konsumen terhadap kualitas produknya.


Iklan demonstrasi digunakan oleh pembersih baju Vanish. Terlihat gambar before dan after dari baju yang selumnya bernoda, dan kemudian bersih kembali karena memakai Vanish.

Comments

Popular posts from this blog

Volvo Truck – The Epic Split feat. Van Damme

Coca Cola - Brotherly Love